Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) SMK Negeri 1 Karangdadap mengadakan kegiatan “Pendidikan dan Pelatihan Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran – SMK Negeri 1 Karangdadap Bersama Guru Tamu”.

Pada kesempatan kali ini, kegiatan bersama guru tamu diisi oleh Nimas Fera Anggraeni, S.Psi dari Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Pekalongan dengan materi tentang Mempersiapkan Lamaran Pekerjaan dan Tes Wawancara.

Kegiatan bersama Guru Tamu yang dilaksanakan pada hari Senin, 30 Maret 2021 ini diikuti oleh siswa OTKP kelas XI dan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan untuk pencegahan Covid19.

Dalam ringkasan paparannya, Nimas Fera Anggraeni, S.Psi menyampaikan beberapa tips tentang mencari informasi pekerjaan, salah satunya melalui jalur jejaring, menelpon/mengunjungi lokasi pemberi kerja, Bursa Kerja, Medsos maupun media lainnya.

Masih dalam paparan materinya, beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan melamar lowongan pekerjaan adalah :

  1. Carilah lowongan pekerjaan sesuai dengan bidang kejuruan kita. Sangat penting memperhatikan kualifikasi kompetensi yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan yang hendak dilamar, misal kemampuan mengoperasikan komputer, kemampuan berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan, kemampuan manajerial dan lain sebagainya.
  2. Teliti terhadap info pekerjaan, jauhi info lowongan yang tidak jelas terlebih lagi info lowongan yang ternyata berunsur penipuan.
  3. Memilih pekerjaan yang kurang sesuai dengan keterampilan / latar belakang pendidikan, tetapi prospeknya sangat menjanjikan. Hal ini dapat dijadikan alternatif kedua dalam mencari pekerjaan.

Pada kesempatan sebelumnya, jumat 26 Maret 2021 juga telah diadakan kegiatan serupa dimana narasumber yang dihadirkan berasal dari PT. Pismatex – Pekalongan.

Perwakilan dari PT. Pismatex, Jaro Hayat, S.Kom, C.Ps, selaku nara sumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan materi perihal sikap dan perilaku karyawan yang termuat dalam materi “ATTITUDE IS EVERYTHING”.

Tentang Kegiatan Bersama Guru Tamu

Kegiatan Bersama Guru Tamu ini adalah sistem pembelajaran dimana materi pembelajaran sebagian besar disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi/kualifikasi tenaga kerja perusahaan mitra atau sektor industri tertentu. Sementara untuk narasumbernya berasal langsung dari dunia kerja / industri maupun instansi lainnya baik negeri maupun swasta.

Kegiatan ini selain untuk sinkronisasi kurikulum dengan dunia industri juga sebagai bentuk inovasi pembelajaran dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas. Siswa tidak semata mendapatkan materi kompetensi dari guru pengampu di sekolah saja melainkan secara langsung didapatkan dari industri sebagai guru tamu.

By admin