Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Peringatan ini merupakan momen mengenang peristiwa G30S PKI yang terjadi pada 30 September 1965.

Peristiwa tersebut merupakan salah satu sejarah kelam di mana telah menewaskan 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD. Para perwira gugur dalam serangan pemberontakan orang-orang yang dianggap terkait dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Perwira gugur tersebut di antaranya adalah Letjen Ahmad Yani, Mayjen R Soeprapto, Mayjen MT Harjono, Mayjen S Parman, Brigjen DI Panjaitan, Brigjen Sutoyo Siswomiharjo, dan Lettu Pierre Tendean.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dan tertuang dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat bertanggal 17 September 1966.

Dalam surat tersebut, peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dilakukan TNI Angkatan Darat. Selanjutnya ada juga Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan Jenderal Soeharto (Kep/B/134/1966).

Surat tertanggal 29 September 1966 memerintahkan, peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila dilakukan seluruh slagorde (jajaran) angkatan bersenjata dengan mengikutkan masyarakat.

Berbekal surat tersebut, upacara 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila dilakukan seluruh komponen masyarakat tanpa kecuali selama Orde Baru.

Hingga kini, peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila terus dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti mengenang jasa-jasa pejuang yang gugur, mengunjungi museum lubang buaya, hingga menggelar upacara di berbagai instansi. Selain itu, pada 30 September, masyarakat dan instansi diminta menaikkan bendera setengah tiang; esok harinya, atau 1 Oktober, bendera dinaikkan secara penuh.

Namun, sejak kondisi pandemi, masyarakat harus membatasi kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Untuk memperingatinya bisa dimeriahkan dengan mengunggah foto dan semangat perjuangan di media sosial. Sementara untuk instansi pemerintah, tetap melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara daring.

Untuk tahun 2021 ini, peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengambil tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Nasional dipusatkan di Area Taman Makam Pahlawan Lubang Buaya dengan dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Berikut video (Live) seremonial Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021


By admin