Setelah sukses dengan kegiatan “Vaksinasi Pencegahan Covid19 Untuk Siswa dan Warga Sekitar SMK N 1 Karangdadap” pada jumat, 10 September 2021, selanjutnya SMK N 1 Karangdadap kembali menyelenggarakan kegiatan vaksinasi untuk siswa dengan tema “Gerakan Nasional Percepatan Vaksinasi Covid19”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 15 September 2021 tersebut akan diikuti oleh siswa kelas X dan XI dengan total peserta 997 siswa. Adapun lokasi utama kegiatan vaksinasi bertempat di ruang kelas 1, 2 dan 3 SMK N 1 Karangdadap

Gerakan vaksinasi siswa ini merupakan langkah pemerintah dalam rangka pencegahan penularan virus Covid19, terlebih saat ini siswa – siswi SMK N 1 Karangdadap akan mengikuti kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Didalam kegiatan vaksinasi kali ini, telah hadir PLT. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Camat Karangdadap, Kapolres Kabupaten Pekalongan, Kapolsek Karangdadap beserta tim pengamanan polres Kab. Pekalongan dan polsek Karangdadap yang ikut membantu pelaksanaan kegiatan.

Pelaksanaan vaksinasi siswa ini didukung oleh beberapa tim kesehatan, diantara dari Polres kabupaten Pekalongan, Puskesmas Karangdadap, Puskesmas Doro dan juga didukung dari tim Projo kabupaten Pekalongan.


Kapolres Pekalongan saat mengunjungi kegiatan vaksinasi di SMK N 1 Karangdadap

Sementara itu Kepala Sekolah SMK N 1 Karangdadap, Tuti Evawati, S.Pd berterimakasih kepada pemerintah yang telah menggelar vaksinasi Covid-19 di daerah.

Ia berharap dengan adanya vaksinasi tersebut, maka pembelajaran tatap muka dapat segera dilakukan.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan secara normal,” tuturnya.

Selain mendapatkan vaksinasi, siswa – siswi SMK N 1 Karangdadap juga mendapatkan layanan swab massal yang diselenggarakan dengan tempat terpisah. Dengan adanya swab ini, diharapkan dapat menambah tingkat kewaspadaan terhadap penularan Coivd19 sebelum berjalannya proses PTM di SMK N 1 Karangdadap. Hasil dari swab, langsung diumumkan ditempat setelah dilakukan uji swab dan ditunggu beberapa saat.

Dalam sebuah kesempatan dialog secara virtual bersama sejumlah siswa yang mengikuti vaksinasi Covid-19, Senin (13/9/2021) Presiden Jokowi berpesan, “Agar anak-anak, kita pelajar-pelajar kita semuanya tetap sehat terlindungi dari bahaya Covid-19 dan bisa segera melakukan pembelajaran tatap muka,”.

Presiden meminta agar pemerintah daerah selalu memeriksa ketersediaan vaksin. Selain itu, Jokowi meminta vaksin yang ada segera disuntikan.

Saat ini pemerintah menargetkan pemberian vaksin Covid-19 bagi siswa usia 12 tahun hingga 18 tahun.

Tips persiapan sebelum dan sesudah menerima vaksin Covid-19.

A. Sebelum vaksin

  1. Konsultasi ke dokter Untuk penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes atau infeksi HIV.
  2. Jangan olahraga berlebihan Olahraga berlebihan akan menyebabkan penurunan daya tahan tubuh.
  3. Tidur cukup Beberapa hari sebelum menerima vaksin, hindari begadang. Cukup waktu tidur selama 7-9 jam dan kelola stres.
  4. Cukup nutrisi Penuhi kebutuhan nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral.

B. Sesudah menerima vaksin

  1. Redakan efek samping Untuk meredakan efek samping vaksininasi bisa melakukan beberapa hal berikut ini:
    • Istirahat cukup
    • Beri kompres dingin pada area suntikan
    • Sering menggerakan lengan yang disuntik.
  2. Kurangi aktivitas di luar rumah
  3. Hindari kerumunan
  4. Siapkan diri untuk vaksinasi Covid-19 kedua jika sebelumnya belum mendapatkan vaksinasi.

Perlu diketahui bahwa setelah menerima vaksin tetap ada kemungkinan seseorang terpapar virus corona. Sehingga meskipun sudah menerima vaksin Covid-19 protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah tetap harus diterapkan.

By admin