Vaksinasi covid19 merupakan langkah pemerintah dalam rangka mencegah dan mengurangi perluasan wabah corona yang saat ini sedang menjadi pandemi. Dengan mendapatkan vaksin ini, diharapkan tubuh dapat membentuk sistem kekebalan untuk mencegah infeksi covid19.

Guna mendukung  program vaksinasi pemerintah tersebut SMK Negeri 1 Karangdadap bekerjasama dengan Puskesmas Karangdadap dan didampingi bhabin dan bhabinsa kecamatan Karangdadap, menyelenggarakan kegiatan “Vaksinasi untuk siswa dan warga di sekitar SMK Negeri 1 Karangdadap” pada hari Jumat, 10 September 2021 dimulai pukul 08.00 wib.

Hal ini juga selaras dengan adanya program Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMK Negeri 1 Karangdadap, sehingga diperlukan langkah awal untuk pencegahan penularan covid19.

Pemerintah sangat fokus dengan ini. Apalagi saat penyebaran virus Covid-19 semakin massif dan mudah menyerang anak-anak. Hak anak tetap harus diberikan. Namun tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan anak. Oleh karena itu, pemberian vaksin tidak hanya diberlakukan untuk tenaga pengajar, namun juga harus diberikan bagi peserta didik.

Target dari kegiatan ini adalah dapat memberikan layanan vaksin untuk 480 siswa dan 220 vaksin untuk warga setempat. Adapun untuk tenaga pendidik SMK N 1 Karangdadap telah melaksanakan 2 tahap vaksinasi sebelumnya di Puskesmas Karangdadap.


Seperti pada tahapan vaksinasi pada umumnya, setiap peserta vaksin sebelum mendapatkan vaksin harus melewat proses pemeriksaan tekanan darah, suhu beserta screening untuk didapatkan keterangan kondisi kelayakan mendapatkan vaksin.

Selain menyelenggarakan program vaksinasi siswa, SMK Negeri 1 karangdadap juga memberikan layanan edukasi tentang protokol kesehatan untuk pencegahan penularan virus covid19 dengan menyediakan sarana cuci tangan dengan sabun, mewajibkan penggunaan masker di area SMK N 1 Karangdadap, penyediaan disintfektan disetiap area pembelajaran dan juga pemasangan banner MMT dan stiker tentang protokol kesehatan dibeberapa titik area pembelajaran.

By admin