Info Sekolah
Kamis, 14 Agu 2025 | ::
  • Selamat datang di halaman resmi SMK Negeri 1 Karangdadap
6 Agustus 2025

Pelaksanaan ANBK 2025 Sebagai Evaluasi Mutu Pendidikan di SMK Negeri 1 Karangdadap

Rabu, 6 Agustus 2025 Kategori : Kesiswaan / Kurikulum

Tujuan dan Fungsi ANBK dalam Menilai Mutu Pendidikan

ANBK dirancang untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai kualitas pendidikan melalui evaluasi yang menyeluruh, tidak hanya fokus pada hasil belajar akhir, tetapi juga proses pembelajaran dan karakter siswa. Dengan menggunakan tiga instrumen utama, ANBK memotret input, proses, dan output pendidikan di setiap satuan pendidikan, termasuk SMK Negeri 1 Karangdadap.

Instrumen tersebut meliputi:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi dan Numerasi)
    AKM fokus pada pengukuran kemampuan dasar siswa dalam literasi membaca dan numerasi matematika. Hal ini penting karena literasi dan numerasi merupakan keterampilan fundamental yang mendukung pembelajaran di berbagai bidang studi dan kehidupan sehari-hari.
  2. Survei Karakter
    Survei ini bertujuan untuk menilai aspek non-akademik siswa, seperti sikap, nilai-nilai, dan perilaku yang mencerminkan karakter positif. Survei karakter membantu sekolah dalam memahami dan mengembangkan kualitas moral dan etika siswa sebagai bagian dari pendidikan holistik.
  3. Survei Lingkungan Belajar
    Survei ini mengevaluasi kondisi dan kualitas lingkungan belajar di sekolah, termasuk aspek fasilitas, interaksi antara guru dan siswa, serta budaya sekolah. Lingkungan belajar yang kondusif sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses pendidikan.

Pelaksanaan ANBK di SMK Negeri 1 Karangdadap

Pelaksanaan ANBK di SMK Negeri 1 Karangdadap pada 6-7 Agustus 2025 melibatkan 45 siswa yang dipilih melalui sistem sampling untuk mewakili populasi siswa secara adil. Kegiatan ini dilakukan secara daring menggunakan komputer, sesuai dengan standar nasional yang diterapkan oleh Kemdikbudristek. Pemilihan peserta secara sampling bertujuan untuk mendapatkan data yang representatif dan bisa dijadikan dasar evaluasi kebijakan pendidikan di tingkat sekolah.

Kegiatan ini menjadi momen penting bagi SMK Negeri 1 Karangdadap dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sistem pembelajaran yang diterapkan. Hasil dari ANBK akan memberikan umpan balik yang bermanfaat bagi guru, kepala sekolah, dan pemangku kebijakan dalam merancang perbaikan pembelajaran dan pengembangan karakter siswa.

Dampak dan Implikasi dari Hasil ANBK

Hasil ANBK tidak hanya digunakan sebagai bahan evaluasi internal sekolah, tetapi juga menjadi indikator nasional untuk mengevaluasi mutu pendidikan di Indonesia. Dengan data yang diperoleh, sekolah dapat melakukan perbaikan berbasis bukti untuk meningkatkan kompetensi siswa secara menyeluruh. Misalnya, jika hasil AKM menunjukkan rendahnya kemampuan numerasi, maka sekolah dapat menyesuaikan metode pengajaran matematika agar lebih efektif.

Selain itu, survei karakter dan lingkungan belajar memberikan gambaran tentang bagaimana aspek non-akademik dan kondisi fisik serta sosial di sekolah memengaruhi pembelajaran. Dengan demikian, sekolah dapat mengembangkan program pembinaan karakter dan memperbaiki lingkungan belajar agar lebih mendukung perkembangan siswa.

Perspektif dan Tantangan Pelaksanaan ANBK

Dari sudut pandang positif, ANBK memberikan pendekatan evaluasi pendidikan yang lebih komprehensif dibandingkan ujian nasional tradisional yang hanya mengukur aspek kognitif. Pendekatan ini mendorong sekolah untuk memperhatikan aspek karakter dan lingkungan yang selama ini kurang mendapat perhatian. Namun, ada pula tantangan yang harus dihadapi, seperti kesiapan infrastruktur teknologi di sekolah, pelatihan guru, serta penerimaan siswa dan orang tua terhadap metode evaluasi baru ini.

Beberapa pihak juga mengkhawatirkan bahwa ANBK bisa menimbulkan tekanan pada siswa yang dipilih sebagai sampel, sehingga perlu pendekatan yang humanis dan dukungan psikologis selama pelaksanaan. Selain itu, data hasil ANBK harus dikelola secara transparan dan digunakan untuk perbaikan, bukan sekadar sebagai alat pengukuran semata.




Sambutan Kepala Sekolah
Tuti Evawati,S.Pd
Tuti Evawati,S.Pd

SMK Negeri 1 Karangdadap merupakan sekolah yang mengembangkan keunggulan karakter dan prestasi melalui bidang teknik, akademik, olahraga dan kewirausahaan sekaligus memadukannya dengan nilai-nilai keagamaan, dan kepribadian unggul melalui program terukur dan terencana. Kami memiliki prinsip bahwa sekolah merupakan wadah pengembangan pribadi siswa. Oleh karena itu, sudah sepatutnya sekolah menjadi rumah kedua bagi siswa dimana siswa mampu meningkatkan potensi diri, mengembangkan karakter dan keterampilan dengan perasaan senang dan penuh semangat. Mari bergabung ke dalam keluarga SMK Negeri 1 Karangdadap.


Guru SMK N 1 Karangdadap

Gama Satria Sigit, S.Pd

Lokasi

Kontak Kami

Video Bimbingan Konseling

Arsip

Info lainnya

Pengunjung

Gabung Bersama Kami


SMK Negeri 1 Karangdadap

Jl. Raya Kedungkebo No.06
Kelurahan Kedungkebo
Kecamatan Karangdadap
Kabupaten Pekalongan
Jawa Tengah 51174
(0285) 7830830