Info Sekolah
Sabtu, 15 Jun 2024 | ::
  • Selamat datang di halaman resmi SMK Negeri 1 Karangdadap
27 November 2023

Memperingati Hari Guru Tahun 2023: Menghargai Peran Penting Guru dalam Pendidikan

Senin, 27 November 2023 Kategori : Artikel Guru / Humas / Kesiswaan / Kurikulum

Pada tanggal 27 November 2023, SMK Negeri 1 Karangdadap melaksanakan kegiatan Upacara Bendera. Upacara bendera yang diadakan di halaman kampus SMK Negeri 1 Karangdadap tersebut menjadi momen penting untuk memperingati Hari Guru Nasional (HGN). Perayaan ini menjadi wujud nyata dari penghargaan terhadap peran penting para pendidik dalam membentuk generasi masa depan. Tema peringatan HGN tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”.

Kegiatan upacara bendera tersebut merupakan kolaborasi antara Guru dan Siswa, dimana dalam pelaksanaannya petugas upacara dipegang oleh guru dan siswa. Adapun bertindak selaku pembina upacara adalah ibu Yeni Puspitasari, S.Pd, seorang guru matematika yang telah mendedikasikan dirinya untuk dunia pendidikan.

Peringatan Hari Guru yang jatuh setiap tanggal 25 November pada setiap tahunnya, juga menjadi momen bagi masyarakat untuk merenungkan peran penting para pendidik dalam mencetak generasi penerus. Hal ini juga menjadi kesempatan untuk mengingat dan menghargai jasa-jasa guru yang telah berjuang dalam menghadirkan pendidikan yang bermutu. Dengan memberikan apresiasi kepada guru, kita juga mengakui dedikasi dan komitmen mereka dalam melahirkan generasi yang cerdas dan berakhlak.

Peran Guru dalam Pendidikan
Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Mereka bukan hanya pengajar di kelas, tetapi juga menjadi panutan, pembimbing, dan inspirasi bagi para siswa. Guru juga berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, mendukung, dan memotivasi siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka.

Apresiasi siswa kepada guru melalui ucapan selamat Hari Guru dan pemberian bingkisan merupakan bentuk penghargaan yang sangat berarti. Tindakan ini tidak hanya menunjukkan rasa terima kasih, tetapi juga memperkuat hubungan antara guru dan siswa. Guru yang merasa dihargai dan dihormati akan lebih termotivasi untuk memberikan pengajaran yang terbaik.

Menginspirasi Melalui Dedikasi

Guru, dengan segala upayanya untuk mendidik dan menciptakan generasi masa depan yang lebih baik, sudah semestinya mendapatkan apresiasi dan dihargai atas segala jasanya. Menghargai dedikasi mereka akan mendorong semangat dan motivasi para pendidik untuk terus memberikan yang terbaik bagi pendidikan.

PIDATO
MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
PADA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Om swastiastu,
Namo buddhaya,
Salam kebajikan,
Rahayu.

Ibu dan Bapak guru di seluruh Indonesia yang senantiasa saya banggakan,

Tahun ini mungkin menjadi tahun terakhir saya merayakan Hari Guru Nasional sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Hal ini membuat saya merasa sedih, karena saya pasti akan rindu bertemu dengan Ibu dan Bapak semua. Tapi di balik itu, tersimpan rasa yakin dan optimis yang sangat kuat dalam benak saya.

Saya yakin bahwa Ibu dan Bapak guru sebagai nakhoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal Merdeka Belajar. Saya optimis bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar. Keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil kita capai bersama dalam empat tahun terakhir.

Pada tahun pertama Merdeka Belajar, kita menghapus Ujian Nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya. Kita menerapkan Asesmen Nasional agar kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.

Lalu di tahun berikutnya, kita meluncurkan Kurikulum Merdeka. Jika Asesmen Nasional mengukur tujuan perubahan, Kurikulum Merdeka memberikan petunjuk jalan mencapai tujuan itu. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid.

Ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka Mengajar. Jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Selanjutnya, terobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.

Terakhir, yang juga sangat membahagiakan adalah kita sudah semakin dekat untuk mencapai target satu juta guru ASN PPPK guna memenuhi kebutuhan guru, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik.

Ibu dan Bapak guru yang saya hormati,

Semua ini membuat saya percaya bahwa Hari Guru Nasional tahun ini bukanlah salam perpisahan. Sebaliknya, peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan Merdeka Belajar.
Selamat Hari Guru Nasional.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Om shanti, shanti, shanti, om,
Namo buddhaya,
Rahayu.

Jakarta, 25 November 2023

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Nadiem Anwar Makarim




Sambutan Kepala Sekolah
Tuti Evawati,S.Pd
Tuti Evawati,S.Pd

SMK Negeri 1 Karangdadap merupakan sekolah yang mengembangkan keunggulan karakter dan prestasi melalui bidang teknik, akademik, olahraga dan kewirausahaan sekaligus memadukannya dengan nilai-nilai keagamaan, dan kepribadian unggul melalui program terukur dan terencana. Kami memiliki prinsip bahwa sekolah merupakan wadah pengembangan pribadi siswa. Oleh karena itu, sudah sepatutnya sekolah menjadi rumah kedua bagi siswa dimana siswa mampu meningkatkan potensi diri, mengembangkan karakter dan keterampilan dengan perasaan senang dan penuh semangat. Mari bergabung ke dalam keluarga SMK Negeri 1 Karangdadap.


Guru SMK N 1 Karangdadap

Gama Satria Sigit, S.Pd

Lokasi

Kontak Kami

Video Bimbingan Konseling

Arsip

Info lainnya

Pengunjung

Gabung Bersama Kami


SMK Negeri 1 Karangdadap

Jl. Raya Kedungkebo No.06
Kelurahan Kedungkebo
Kecamatan Karangdadap
Kabupaten Pekalongan
Jawa Tengah 51174
(0285) 7830830