•  Jl. Raya Kedungkebo No.06
          Kec. Karangdadap
          Kabupaten Pekalongan 51174
  • jurnalistik@smk1karangdadap.sch.id
  •  (0285) 7830830

Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) IAIN Pekalongan 2021

Karangdadap, 09 Agustus 2021 Praktik Pengalaman Lapangan

         Dimana langkah awal dimulai, ada rasa berkecambuk merebak dalam diri ini. Antara senang dan sedih, senang sebab tempat PPL tidak jauh dari rumah sekitar 10-15 menit jarak dapat ku tempuh, namun hal berbeda yang ku rasa, ketika teringat kenangan 6 tahun yang lalu. Betapa orang tuaku berharap agar aku bisa melanjutkan sekolah menengah kejuruan, salah satunya di SMK N 1 Karangdadap tetapi takdir berkata lain, di MAN Pekalongan lah tempatku mengukir masa putih abu. Sekarang aku PPL di SMK N 1 Karangdadap. Mungkin ini merupakan hal yang luar biasa yang dapat menggantikan kenangan itu.

         Kelompok 2 yang beranggota ada 10 mahasiswa, termasuk aku dan 4  mahasiswa tadris matematika dari Pekalongan sedangkan 5 mahasiswa lain jurusan tadris bahasa inggris dari pemalang. Sebelum PPL di mulai banyak hal yang harus kami persiapkan dengan matang, misal terkait menejemen waktu yang perlu ditingkatkan, dan kemampuan yang harus diasa agar bisa tertata sebab di PPL ini tidak hanya mengajar tetapi kita juga belajar administrasi sekolah, mengenal setiap jurusan, dan kerjasama dengan beberapa intra dan ekstra kulikuler yang ada di SMKN 1 Karangdadap.

         Pekan pertama PPL, pengamatan kelas dan pembuatan RPP serta perangkat pembelajaran lainnya. Pengamatan kelas diberikan agar kita memiliki pandangan, bagaimana cara mengajarnya, agar kami tahu kondisi saat pembelajaran, dan setidaknya kami akan tahu karakter anak-anak sebagai pandangan saat PJJ. Kami memiliki kesempatan mengajar 3 kelas dengan 2/3 pertemuan di setiap kelasnya, pada awalnya kami merasa lumayan panik sebab dapat 2 kelas laki-laki.  Pada pekan ini kita juga melakukan kunjungan dengan Ibu kepala sekolah, pembina OSIS, dan pengurus OSIS guna melakukan kerja sama.

          Pekan Kedua, waktu yang kami tunggu-tunggu akhirnya datang. Ketika pertama kali kami praktik mengajar ada rasa was-was, seperti harus bagaimana kami penyampaiannya, bagaimana nanti respon mereka, dan nanti mereka apakah akan paham tidak ya terhadap materi yang kami sampaikan. Namun setelah beberapa hari berlalu, kami mulai terbiasa mengajar dan rasa was-was itu hilang dengan sendirinya, kami merasa sudah terbiasa dengan anak-anak. Bahkan pada tanggal 17 Agustus, kami dengan pengurus osis mengadakan beberapa lomba secara virtual seperti gambar desain, deklarasi, video kreatif, dan twibbone guna memeriakan semarak Kemerdekaan RI ke 76.

         Pekan ketiga, kegiatan pembelajaran jarak jauh berjalan kian baik setiap pekannya dan kesiapan kami semakin matang dalam mengelola kelas. kunjungan ke jurusan-jurusan terus berjalan guna mengenal dan silaturahmi, tidak lupa juga disela-sela waktu luang membantu TU atau perpustakaan seperti menata rapot, menyetempel, dan menata buku-buku. Di rumahku, kami menyiapkan hadiah buat para juara lomba HUT RI ke 76 mulai dari membeli barang-barang hadiah dan membungkusnya. Hingga hari jum'atnya setelah PPL kami mengadakan ziarah ke Ujung Negoro sekaligus refresing juga.

          Pekan keempat, seperti biasa selain pembelajaran jarak jauh, kami juga kunjungan, membantu TU dan perpustakaan, mengikuti webinar dengan pengurus PMR. Oh iya pada pekan ini juga kami ada pembagian hadiah lomba HUT RI ke 76. Senang rasanya sebab kami secara langsung dapat memberikan sebuah hadiah ke mereka dan pasti salah satu dari mereka ada anak didik yang kami ampu.

         Pekan kelima, mungkin ini pekan paling berkelabu. Dimana kabar tidak baik datang dari teman seperjuangan, teman terameh di bascamp PPL, teman haha hihi, dan teman ngopi. Hampir semuanya tidak menyangka, begitupun aku. Hari berganti, adaptasi mulai dibangun kembali dan ada rasa yang harus ditata walau ingatan sering terbesit tentangnya. Hanya do'a yang bisa kami kirimkan, semoga engkau bahagia. Alhamdulillah pada pekan ini sudah diperbolehkan PTM terbatas untuk pembelajaran kejurusan dan adanya vaksinasi, sehingga menjadikan rasa sepi yang menyelimut akhir-akhir ini sedikit terisi.

         Pekan keenam, perubahan jadwal mengajar mendadak baru disampaikan. Ternyata jadwalku pada pekan ini mengajar 2 kelas yang sebelumnya hanya 1 kelas di hari kamis. Mungkin ini adalah tantangan dan kesiapan kita diuji dari masalah-masalah yang ada dan Alhamdulillahnya sudah membuat RPP, materi, dan media dari pekan ke dua jadi ya kami tidak terlalu panik. Mungkin dengan kejadian-kejadian ini membuat kami tambah tahu, bahwa tantangan dan rintangan (masalah) di depan itu pasti ada. Hari sabtu pekan ini, ada workshop pelajar kerjasama mahasiswa PPL dan pengurus OSIS. Alhamdulillah berjalan lancar dan banyak siswa yang berantusias mengikutinya.

        Tak terasa waktu PPL hampir selesai, 20 September adalah jadwal penarikan kami namun, karena adanya beberapa kesibukan baik dari sekolahan dan DPL maka kegiatan penarikan pun  diundur.

         Rabu, 22 September 2021. Dimana waktu penarikan tiba, ada rasa sedih yang menyelimuti hati. Tidak ada satu orang yang siap dengan perpisahan, karena selalu menyisakan rongga kecil yang hilang dalam hati. Hanya ucapan Terima kasih yang dapat kami beri atas ilmu, pengalaman serta warna perjalanan hidup ini. Dan tak lupa kata maaf yang dalam dari hati apabila selama praktik pengalaman lapangan kami banyak salah baik perbuatan dan ucapan. Semoga silaturahmi ini senantiasa tetap berjalan.

        Selama praktik pengalaman lapangan ini aku banyak belajar dan banyak hikmah yang aku dapatkan. Hal ini mengingatkanku akan Q.S. Al-Baqarah ayat 269.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

يُؤْتِى الْحِكْمَةَ مَنْ يَّشَآءُ ۚ وَمَنْ يُّؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ اُوْتِيَ خَيْرًا كَثِيْرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ اِلَّاۤ اُولُوا الْاَ لْبَا بِ

"Dia memberikan hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Barang siapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal sehat."

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 269).

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PEMILIHAN KETUA DAN WAKIL KETUA OSIS SMK N 1 KARANGDADAP DI GELAR SECARA DARING

   Di masa pandemi covid-19 yang masih belum reda sehingga berdampak hampir di semua lini sektor, tidak terkecuali sektor pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1

16/10/2020 12:51 - Oleh Trihono, S.Pd - Pembina - Dilihat 550 kali Selengkapnya..